Materi LKMM PRA-TD 2016 Teknik Informatika STT PLN



               LKMM Pra-TD merupakan kepanjangan dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra Tingkat Dasar. Kegiatan ini diikuti oleh 111 mahasiswa baru angkatan 2016 dan sedikit mahasiswa angkatan 2015. LKMM Pra-TD merupakan suatu kegiatan pelatihan yang diadakan oleh tingkat jurusan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9-11 Desember 2016 dengan tema "Mewujudkan Kompetensi Manajemen Diri Untuk Generasi Berkarakter Yang Berjiwa Pemimpin. Peserta LKMM Pra-TD berasal dari hasil screening dan menulis essay yang dilakukan oleh kakak-kakak angakatan 2014 untuk mendapatkan bibit-bibit penerus generasi.

               Berikut adalah materi – materi yang di berikan oleh pembicara kepada peserta LKMM Pra-TD 2016 :

( Jumat, 09 Desember 2016 )

1. Manajemen Waktu
    Moderator : Ridho Nofandri
    Pembicara : M. Farid Rifai S.Kom, M.Kom

    ~ Apa itu Manajemen Waktu ?
              Manajemen waktu adalah suattu perencanaan,
       pengorganisasian, penggerakan,  dan pengawasan 
       produktivitas waktu.

    ~ Cara Manajemen waktu :
       - Buat list dalam satu minggu jadwal kegiatan disertai 
         durasi waktu sehingga dapat terorganisir dengan baik.    
       - Dalam memanajemen waktu, pertama kenali diri anda 
         sendiri, kenali potensi yang dimiliki,  lalu kembangkan
         potensi dan atur jadwal kegiatan anda sehingga dapat
         menjadi mahasiswa yang cerdas dalam membagi
         waktunya.  

    ~ Strategi Manajemen Waktu :
       - Kenali time waster Anda.
       - Tentukan prioritas kegiatan.
       - Jadikan deadline sebagai "kawan".
       - Jangan paksakan mengerjakan banyak pekerjaan dalam
         satu waktu yang sama.
       - Bagi pekerjaan yang kecil dan yang besar, lakukan
         Pekerjaan besar terlebih dahulu.
       - Buat rutinitas harian
       - Istirahat setelah belajar.
       - Istirahat minimal setengah hari dalam seminggu.
       - Ciptakan hidup yang bervariasi.
       - Masukkan hobi ke dalam jadwal.
              Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang bahagia.
     Mahasiswa yang bahagia adalah mahasiswa yang dapat 
     memanajemen waktunya dengan baik.

2. Persepsi
    Moderator : Septian Fahry
    Pembicara : Faudi
            
    ~ Apa itu persepsi ?
              Persepsi adalah proses pengenalan maupun proses   
       pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu (Gibson).
              Menurut saya, persepsi adalah cara kita dalam 
       mengartikan suatu objek yang kita lihat secara spontan.
      
    ~  Setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda karena :
        - Gerakan perulangan.
        - Faktor internal (keadaan biologis).
        - Alur cara berfikir.
          * Pengenalan (luasnya pengetahuan).
          * Pengetahuan akan presepsi.
          * Penalaran (proses berfikir yang berusaha 
             menghubungkan   fakta yang diketahui menuju
             kesimpulan yang sebelumnya tidak diketahui). 
          * Penarikan kesimpulan.

    ~ Cara mengatur persepsi :
       - Kenali diri anda.
       - Perluas wawasan dengan cara rajin membaca.

3. Berfikir Kritis 
    Moderator : Farah Azkia Maulana
    Pembicara : M. Nury Haniv Lubis 

    ~ Apa itu Berpikir Kritis ?
              Berfikir kritis adalah kemampuan untuk  menganalisis  
       fakta, mencetuskan dan menata gagasan, mempertahankan 
       pendapat, dan membuat perbandingan.
                  Dengan berfikir kritis, kita tidak dengan mudah
       begitu saja menerima suatu informasi dan tidak juga  
       langsung menolak, tetapi mecari faktanya terlebih dahulu.
  
    ~ Perbedaan berfikir kritis dengan ngeyel :
       - Berfikir kritis : Mencapai kesepakatan dengan
                                  Mempunyai dasar dan berdasarkan fakta.
       - Ngeyel           : Pemikiran yang tidak berdasar dan belum 
                                  tentu mencapai kesepakatan.
   
    ~ Perbedaan berfikir kritis dengan menghafal :
       - Berfikir kritis : Mampu menyimpulkan apa yang diketahui 
                                   dan berdasarkan fakta dengan kalimat            
                                   sendiri.
       - Menghafal      : Mengeluarkan apa yang dihafal dengan 
                                   kalimat sama seperti yang dihafal. 

    ~ Perbedaan berfikir kritis dengan mendebat/mengkritik :
       - Berfikir kritis : Bersifat netral, melihat sisi positif dan sisi 
                                  negatifnya.
       - Mendebat       : Selalu mencari sisi negatifnya dan 
                                   menjadikannya sebagai kritikan.

    ~ Perbedaan pemikir kritis dengan bukan pemikir kritis :
       - Pemikir kritis            : Cepat mengidentifikasi informasi
                                              yang relevan, mencari tahu
                                              kebenarannya terlebih dahulu
                                              melalui fakta-fakta yang ada.
       - Bukan pemikir kritis : Tidak memilah-milah informasi
                                              yang didapat langsung menerima
                                              informasi begitu saja.

    ~ Perbedaan berfikir kritis dengan berfikir kreatif :
        - Berfikir kritis   : Menerima informasi dan mengevaluasi 
                                      informasi tersebut.
        - Berfikir kreatif : Mengembangkan informasi yang sudah 
                                      didapat seteleh difikirkan secara kritis
                                      untuk mendapat solusi atau cara
                                      penyelesaian.

    ~ Cara agar dapat berfikir kritis :
       - Perluas wawasan dengan cara rajin membaca.
       - Menambah pengalaman agar terbiasa. 

( Sabtu, 10 Desember 2016 )

4. Mendengar Aktif
    Moderator : Ahmad Zaybu Rizki
    Pembicara : Jontarian Zainuri

    ~ Apa itu Mendengar Aktif ?
              Mendengar aktif adalah usaha untuk memperoleh 
       pengertian dengan mempergunakan indera pendengaran 
       dan kemampuan berfikir untuk menginterpretasikan berita 
       atau pesan yang diterima, baik secara lisan maupun tulisan.

    ~ Tahap-tahap Mendengar :
       - Hearing
       - Attention
       - Understanding
       - Remembering

    ~ Aktivitas Mendengar :
       - Memerhatikan
       - Menafsirkan
       - Mengingat
       - Menilai
       - Memberi respon
  
    ~ Macam-macam Mendengar :
       - Mendengar isi         : Mendengar secara keseluruhan isi 
                                           pembicaraan.
       - Mendengar kritis     : Mengkritiskan isi yang dibicarakan
                                            oleh pembicara.
       - Mendengar empati  : Dapat merasakan apa yang
                                            dibicarakan oleh pembicara.

    ~ Teknik mendengar aktif :
       - Kita tidak dapat mendengarkan dan berbicara secara 
          bersamaan.
       - Mencoba memahami ide pokok pembicaraan.
       - Hindari gangguan dari linkungan sekitar.
       - Mencoba mengendalikan emosi.
       - Membuat catatan dengan jelas dan singkat.
       - Mencoba untuk bersikap empati.
       - Mencoba memahami prinsip-prinsip komunikasi non
         verbal.
       - Mendengar selektif.
       - Bertanya pada tempatnya.
       - Memberikan umpan balik.

    ~ Cara mendengar aktif :
       - Memiliki minat yang tulus terhadap pembicara dan
          Topiknya.
       - Sediakan waktu yang cukup untuk mendengarkan.
       - Dengarkan secara utuh.
       - Refleksikan dengan bahasa sendiri tetapi inti pembicaraan 
         sama.
       - Hargai orang yang berbicara.

    ~ Manfaat mendengar aktif :
       - Dapat meningkatkan pengetahuan, karena dengan
         memahami masalah akan terbuka kemungkinan
         pemecahan masalah.
       - Mengurangi salah paham.
       - Meningkatkan pencapaian tujuan.
       - Pendalaman hubungan.

    ~ Tujuan mendengar aktif :
       - Aktif, mendengar efektif merupakan kebiasaan sebagai
         mana dasar komunikasi aktif. 
       - Tujuan mendengar aktif terpusat pada siapa yang anda 
          dengarkan , meskipun di dalam kelompok atau perorangan
          dengan tujuan.

5. Berbicara Efektif 
    Moderator : Indah Pradana Kusuma
    Pembicara : Jontario Zainudin
    
    ~ Apa itu berbicara efektif ?
       - Berbicara adalah berkata, bercakap, berbahasa, atau 
         melahirkan pendapat dengan perkataan, tulisan, dsb.
       - Efektif adalah ketika kita berbicara ada pengaruhnya
         untuk orang lain.
                Jadi, berbicara efektif adalah kemampuan untuk  
         menyampaikan sesuatu dengan sistematis dan lugas, 
         sehingga mudah dipahami pendengar.

    ~ Cara berbicara efektif :
       - Pahami materi.
       - Sesuaikan dengan lawan bicara.
       - Fokus pada ide utama dan sampaikan secara singkat dan 
         padat
       - Hindari bahasa yang menghambat.
       - Pahami latar belakang lawan bicara.
      
    ~ Klasifikasi pesan dalam komunikasi non verbal :
       - Bahasa tubuh.
       - Pribahasa.
       - Penampilan fisik.
       - Orientasi ruangan dan gerak pribadi.

    ~  4 fokus untuk berbicara efektif, yaitu : 
             1.  Matching the communication to the message and
                  audience
                 - Singkat dan berfokus pada ide utama
                 - Sesuai dengan lawan bicara
                 - Hindari jenis bahasa yang menghambat
            2.  Non verbal eues
                 do....
                 dont....
                 - mata
                 - bahasa tubuh
                 - suara         
           3.  The appropriate use of  human :
                - Disesuaikan dengan konteks.
                - Sisipkan sedikit humor supaya pembicaraan tidak 
                membosankan, tetapi lihat situasi dan kondisi juga.
           4.  Speech anxiety :
                - Prepare (mengenali lawan bicara, membuat catatan 
                  kerangka pembicaraan, antisipasi pertanyaan-
                  pertanyaan yang muncul).
                - Practice (latihan berbicara dengan menggunakan body 
                  language yang tepat) 
                - Action (hal yang kita lakukan sesuai dengan latihan 
                  sebelumnya).

    ~ Hambatan dalam berbicara efektif :
       - Hambatan fisik (tunarungu, dan lain-lain).
       - Hambatan psikologis (malu, grogi).
       - Hambatan semanik. 
       - Kurang percaya diri.

    ~ Lalu, bagaimana caranya agar dapat menjadi seseorang
       yang berbicara efektif ?
       - Tumbuhkan minat.
       - Intonasi tepat.
       - Menggunakan bahasa tubuh dengan tepat.
       - Perhatikan respon lawan bicara.
       - Lihatlah pendengar dalam berbicara.

6. A.K.U ( Ambisi, Kenyataan, Usaha )
    Moderator : Faradifa Hidayatul Maynisa
    Pembicara : Nanda Iswanto

    * Ambisi  
           Ambisi dapat diartikan sebagai sesuatu hal atau keinginan
      yang besar untuk menjadi sesuatu atau melakukan sesuatu.

    ~ Faktor-faktor ambisi yaitu :
       1. Kenikmatan
       2. Ketrentaman
       3. Kehangatan
       4. Kekuasaan
       5. Ketenaran/citra
       6. Keberhasilan
    ~ Efek dari pencapaian ambisi yaitu ada 2, yang pertama   
       adalah Tercapai. Dengan tercapainya ambisi kita, maka
       perasaan yang timbul dalam diri kita akan menjadi positif.
       Yang kedua adalah Gagal, jika ambisi yang sudah kita
       tekadkan sebelumnya menjadi gagal, maka perasaaan yang
       timbul didalam diri kita akan menjadi negatif. Lalu
       bagaimana cara menumbuhkan dan mengendalikan ambisi ?
1.   Memiliki tujuan yang jelas dan mengaculah pada tujuan
tersebut.
2.   Tentukan kapan anda dapat mulai bekerja, lalu
bertindaklah dengan penuh optimisme.
3.   Jika gagal, pelajari penyebabnya. Jangan mengubah tujuan
hanya karena gagal.
         4.   Bekerja samalah dengan orang-orang yang dapat
               membantu anda. Jangan meluangkan waktu  tanpa berbuat
               sesuatu.  
5.   Eksplorasi gagasan anda untuk merumuskan tujuan yang
jelas.
         6.   Selalu berfikir positif.

    * Kenyataan
       Kenyataan adalah keadaan yang ada pada saat ini.
       Pengertian dari kenyataan adalah kondisi riil.  Dilihat dari
       seginya, terdapat 2 segi yaitu :
       1. Eksternal : Kondisi, lingkungan dll.
       2. Internal : Keyakinan, kesanggupan, kecenderungan
                           pribadi.

    * Usaha 
       Usaha adalah tindakan nyata yang dilakukan seseorang
      untuk mencapai dan mewujudkan sesuatu. Macam-macam
      usaha ada 2 yaitu : 
      1. Usaha Reaktif yaitu usaha yang muncul dengan bertindak
          dahulu tanpa adanya rangsangan.
      2. Usaha Proaktif yaitu usaha yang muncul karena
          mendapatkan rangsangan terlebih dahulu kemudian
          memunculkan tindakan.
           
    ~ Faktor yang mempengaruhi peluang keberhasilan suatu
       tujuan :
       - Kekuatan
       - Kelemahan
       - Kesempatan
       - Ancaman 

7. Motivasi, Pribadi dan Organisasi
    Moderator : Yeni Ernawati
    Pembicara : Firman Giri Febryanto

   * Motivasi adalah suatu dorongan untuk mendapatkan sesuatu
      yang terletak di dalam diri kita. Motivasi muncul karena   
      adanya keinginan untuk mendapatkan sesuatu.
   * Pribadi adalah diri kita sendiri
   * Organisasi adalah suatu kelompok yang terstruktur dengan
      tujuan dan visi misi yang sama.
 
   ~ Fungsi Organisasi adalah sebagai pengembang bakat, minat
     dan potensi yang dimiliki secara  pembelajaran diri untuk
     berkerjasama.

   ~ Komponen Organisasi :
      1. Visi Misi
      2. Leader & Followers
      3. Struktur & Arahan
      4. Pedoman metode & Regulasi
      
   ~ Perbedaan Pemimpin dan Bos :
      1. Pendorong/push
      2. Penengah pada setiap masalah
      3. Pengamat
      4. Pengawas
      5. Penggerak dan Motivator

( Minggu, 11 Desember 2016 )

8. Pengenalan Diri
    Moderator : M. Dimas Arianto
    Pembicara : Herman Bedi Agtriadi, S.Si, M. Kom
    ~  Pengertian menurut John Robert Powers (1977) mengenai
       "Konsep Diri" yaitu menjadi dasar perilaku hidup sehari-
        hari yang disadari. Kesadaran dan pemilihan akan dirinya
        semakin mencerminkan prinsip hidup dan kehidupannya.
        Tujuannya yaitu :

       1. Timbulnya kesadaran seseorang untuk memahami dan
           menyadari dirinya serta mampu mengembangkan
           kemampuan.

       2. Terbentuknya sikap dan perilaku percaya diri serta
           prinsip hidup menuju kehidupan yang  secara terarah
           sikap dan perilaku.   

    ~ Mengapa konsep diri diperlukan ? 
                Agar terbentuknya sikap dan perilaku dalam   
       menentukan arah dan prinsip hidup yang diinginkan.   
       Konsep diri mencakup 3 aspek yaitu :
       1. Pengetahuan : Identitas formal, kualitas pribadi,
                                 perbandingan dengan orang lain.
       2. Harapan : Merupakan idealisme, karakteristik pribadi,
                            merupakan tujuan dari proses jati diri.
       3. Penilaian diri : Perbandingan dan pengukuran "saya saat
                                   ini" dengan sebelumnya. 

    ~ Konsep diri yang negatif dan positif :
       1. Negatif :
           - Tidak memiliki pengetahuan yang menyeluruh tentang
              dirinya.
           - Memiliki pandangan tentang dirinya yang terlalu kaku,
             menolak informasi yang baru tentang 
             dirinya sehingga sulit untuk mengubah konsep diri yang
             sudah dianggap betul.
           - Lebih banyak melihat aspek-aspek kekurangan dalam
             dirinya darpiada aspek-aspek kelebihan atau kekuatan
              yang dimiliki.
       
       2. Positif :
           - Memiliki pengetahuan menyeluruh mengenai dirinya,
              mencakup kelebihan dan kelemahan.
           - Menerima diri apa adanya, jika mempunyai kelebihan
              tidak sombong, dan jika memiliki  kekurangan tidak
              kecewa.
           - Memiliki kesadaran yang besar untuk mengubah atau
              mengurangi aspek dari dirinya yang dianggap
              merugikan.  

     ~ Tahapan untuk mengubah konsep diri yaitu :
        1. Tetapkan peubahan yang akan dicapai.
        2. Dapatkan umpan balik dari orang lain.
        3. Perbaiki cara pandang terhadap diri sendiri.
        4. Perbaiki cara berbicara terhadap diri sendiri.
 
    ~ Penerapan konsep diri yaitu :
       1. Dapat menyadari kelemahan.
       2. Pandai mengendalikan diri.
       3. Tenggang rasa.
       4. Berusaha jujur terhadap dirinya sendiri serta menyadari
           perannya.

    ~ Ada 4 macam golongan manusia, yaitu :
       1. Sanguinis (popular)
       2. Plegmatis (damai)
       3. Korelis (kuat)
       4. Melankolis (sempurna)

9. Pengembangan Diri 
    Moderator : Wali Syahputro
    Pembicara : Ilham Nurhadi

    ~   Pengembangan diri yaitu bentuk perwujudan dari
        aktualisasi diri management waktu dengan emosional dan
        juga merupakan segala kegiatan yang meningkatkan
         prestasi diri. 
         Dalam pengenalan diri ada 4 macam yaitu :
         1. Dominan (Problem Orientated) : Do it my way
         2. Intim (People Orientated) : Do it the fun way
         3. Stabil (Process Orientated) : Do it the easy way
         4. Cermat (Procedure Orientated) : Do it the right way

    ~ Unsur pengembangan diri :
       - Self-knowledge
       - Talents
       - Potential
       - Identity
       - Human Capital
       - Quality of life
       - Self-Awareness

    ~ Tips pengenalan diri :
        - Kenali diri sendiri.
        - Tentukan tujuan hidup.
        -  Kenali motivasi hidup
        - Hilangkan negative thinking.
        - Jangan mengadili dri sendiri.

10. S.R.K ( Sasaran, Resiko, Konsekuensi )
      Moderator : Devi Rizki Putri
      Pembicara : H. Jatnika, S.Kom, M.Kom, MTA

     * Sasaran adalah penjabaran dari tujuan yang ingin dicapai
        secara konktrit dalam waktu tertentu.
     * Resiko adalah bahaya akibat yang dapat terjadi dari sebuah
        tujuan .
     * Konsekuensi adalah hasil yang timbul dari sebuah tindakan
        yang dilakukan.

     ~ Terdapat suatu VMTS,  yaitu :
         - Visi : Cita-cita 
           → Visi harus dapat memberikan panduan atau arahan dan
                motivasi
           → Visi harus disebarkan di kalangan anggota
         - Misi : Pernyataan mengenai hal-hal atau langkah yang
           harus dicapai organisasi
         - Tujuan : Penjabaran dari pernyataan misi
         - Sasaran : Target yang terukur sebagai indikator tingkat
                           keberhasilannya dari tujuan yang telah 
                           ditetapkan.

     ~ Kategori Resiko :
        - Resiko yang sudah ditetapkan.
        - Resiko yang dapat diramalkan.
        - Resiko yang tidak di harapkan.



                 Demikianlah materi - materi LKMM Pra-TD yang di berikan oleh Pembicara kepada peserta LKMM Pra TD yang di ikuti mahasiswa Teknik Informatika pada tanggal 9 - 11  Desember 2016 di STT-PLN Jakarta.
 
       



Komentar