Resume Permainan Logika

RESUME GAME LOGIC


1. GOLO DINNER


Game Golo Dinner merupakan salah satu game yang mengandalkan logika untuk menyelesaikannya. Ceritanya disini adalah ada seorang bernama GOLO, ingin memasak 4 butir telur. Dimana telur itu akan matang dalam waktu 24 menit (tidak boleh lebih atau kurang, harus pas 24 menit). Dimeja itupula terdapat 2 buah jam pasir yang berisi 7 menit dan 11 menit.


Tantangannya adalah bagaimana mengkombinasikan jam pasir 7 menit dan 11 menit hingga menjadi pas 24 menit.

Cara penyelesaian :

Pertama, kita analogikan jam pasir yang memiliki waktu 7 menit menjadi Jam1 sedangkan jam pasir yang memiliki waktu 11 menit menjadi Jam2.


1. Langkah pertama, Jam1 dan Jam2 yang awalnya bernilai 0 kita balik menjadi 7 dan 11. Kemudian kita klik play, waktu di jam pasir akan berkurang. Jam pasir akan berhenti sesuai dengan jam pasir yang waktunya habis terlebih dahulu. Maka, jika sudah selesai maka total waktu akan menjadi 7 dan Jam1 akan bernilai 0 dan Jam2 akan bernilai 4.

2. Langkah kedua, Jam1 kita balik sehingga bernilai 7 dan Jam2 kita biarkan bernilai 4. Selanjutnya klik play. Jika sudah selesai, maka total waktu akan menjadi 11 dan Jam1 akan bernilai 3 dan Jam2 akan bernilai 0.

3. Langkah ketiga, Jam1 kita biarkan tetap bernilai 3 dan Jam2 kita balik menjadi bernilai 11. Selanjutnya klik play. Jika sudah selesai, maka total waktu akan menjadi 14 dan Jam akan bernilai 0 Jam2 akan bernilai 8.

4. Langkah keempat, Jam1 kita balik sehingga bernilai 7 dan Jam2 biarkan bernilai 8. Selanjutnya klik play. Jika sudah selesai, maka total waktu akan menjadi 21 dan Jam1 akan bernilai 0 dan Jam2 akan bernilai 1.
5. Langkah kelima, Jam1 kita balik sehingga bernilai 7 dan Jam2 biarkan bernilai 1. Selanjutnya klik play. Jika sudah selesai, maka total waktu akan menjadi 22 dan Jam1 akan bernilai 6 dan Jam2 akan bernilai 0.
6. Langkah keenam, Jam1 kita balik sehingga bernilai 1 dan Jam2 kita balik sehingga bernilai 11. Selanjutnya klik play. Jika sudah selesai, maka total waktu akan menjadi 23 dan Jam1 akan bernilai 0 dan Jam2 akan bernilai 10.
7. Langkah terakhir, Jam1 kita biarkan bernilai 0 dan Jam2 kita balik sehingga bernilai 1. Selanjutnya klik play. Jika selesai, maka total waktu akan menjadi 24.

2. FROG LOGIC


Games ini adalah permainan logika yang mana nanti menjalankan satu persatu kodok agar berpindah posisi. yang sebelumnya kodok biru di sebelah kiri berubah menjadi disebelah kanan tanpa tabrakan antara sesama kodok.

Peraturan di games ini hanya satu yaitu, tidak boleh melompati 2 kodok sekaligus.

Cara memainkan nya:
  1. Langkah pertama, Biru1 maju selangkah. Kemudian Hijau1 melompati Biru1.
  2. Hijau2 maju selangkah. Lalu Biru1 melompati Hijau2. Biru2 melompati Hijau1.
  3. Biru3 maju selangkah. Hijau1 melompati Biru3. Hijau2 melompati Biru2. Hijau3 melompati Biru1.
  4. Hijau4  maju selangkah. Biru1 melompati Hijau4. Biru2 melompati Hijau3. Biru3 melompati Hijau2. Biru4 melompati Hijau1.
  5. Biru5 maju selangkah. Hijau1 melompati Biru5. Hijau2 melompati Biru4. Hijau3 melompati Biru3. Hijau4 melompati Biru2. Hijau5 melompati Biru1.
  6. Biru1 maju selangkah. Biru2 melompati Hijau5. Biru3 melompati Hijau4. Biru2 melompati Hijau3. Biru5 melompati Hijau2.
  7. Hijau2 maju selangkah. Hijau3 melompati Biru5. Hijau4 melompati Biru4. Hijau5 melompati Biru3.
  8. Biru3 maju selangkah. Biru4 melompati Hijau5. Biru5 melompati Hijau4. Hijau4 maju selangkah. Hijau5 melompati Biru5.
  9. Biru5 maju selangkah.

3. FAMILY CRISIS

Sebelum memulai permain saya akan mencerita maksud dari game ini, ada sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak, paman, dan kakek. Mereka semua akan menyebrang ke tanah di seberang. Untuk mencapai ke tanah seberang, mereka harus menyebrang melalui sebuah batang pohon besar. Bersama mereka, ada sebuah lampu petromak. Lampu ini hanya mampu bertahan menyala selama 30 detik pada saat menyebrang. Setiap orang memiliki kecepatan masing-masing dalam menyebrang. Ayah memiliki kecepatan yang paling cepat, yaitu 1 detik. Ibu memiliki kecepatan menyebrang 6 detik. Anak, paman dan kakek masing-masing memiliki kecepatan menyebrang 3, 8, dan 12 detik. Saat menyebrang hanya diperbolehkan 2 orang. Tugasnya ada bagaimana cara mengantarkan mereka semua ke seberang.





































Cara Bermain :
  • Pertama, jangan terpaku pada Ayah yang memiliki kecepatan menyebrang paling tinggi, yaitu 1 detik. Karena jika semua orang dipasangkan dengan ayah, pasti akan lama juga. Setiap orang harus sampai di seberang secara bersamaan. Tidak boleh ada yang mendahului.
  • Kemudian, pikirkan bagaiman caranya agar menghilangkan waktu yang paling yaitu kakek dan paman.
  • Analogikan, lokasi awal kita sebut sebagai titik A dan lokasi tujuan sebagai titik B.
  • Caranya, pertama kali Ayah dan Anak menyebrang bersamaan ke titik B. Waktu akan tersisa 27 detik. 
  • Kemudian anak kembali lagi ke titik A. Maka akan tersisa waktu 24 detik.
  • Selanjutnya paman dan kakek yang menyebrang ke titik B. Tersisa waktu 12 detik.

  • Lalu ayah yang kembali ke titik A. Maka tersisa waktu 11 detik.
  • Kemudian, ayah dan ibu menyebrang ke titik B. Maka akan tersisa waktu 5 detik. 
  • Lalu ayah kembali lagi ke titik A. Sisa waktu 4 detik.
  • Terakhir, ayah dan anak menyebrang kembali ke titik B. Akan tersisa waktu 1 detik.

Games selesai.....





Komentar